Senin, 11 Juli 2011

Ekonomi Islam

sistem ekonomi ini menghendaki adanya simbiosis mutualisme bagi orang yang bertransaksi di dalamnya. bukan hanya itu, ekonomi islam juga mengharapkan agar dapat menjadi rahmatan lil alamin. artinya menjadi rahmat bagi seluruh elemen. bukan hanya orang yang berkegiatan dalam aktivitas ekonomi tersebut, tetapi juga bagi lingkungangannya.
konsep ekonomi kapitalis yang dianggap hanya mengakibatkan orang yang kaya semakin kaya sedangkan yang miskin tetap miskin telah mulai mengalihkan perhatian dunia terhadap konsep ekonomi lainnya. yakni ekonomi islam. walaupun pada saat sekarang yang dikenal olah masyarakat luas mengenai ekonomi islam hanyalah bank syariahnya saja, namun ini merupakan salah satu batu loncatan. karena di negeri kita sendiri bank syariah telah tumbuh bagaikan jamur. dan pemerintah telah mengaturnya di dalam undang-undang. bahakan B.I sendiri telah memiliki bagian dari bank syariah yang menjamin prakteknya terpisah dengan bank konvensional.
walaupun di negeri kita yang mayoritas islam sistem ekonomi ini dianggap sangat susah untuk diterapkan. karena mental para pejabat dan rakyatnya sendiri yang masi phobia terhadap islam.
inilah tantangan bagi kita sebagai rakyak indonesia yang mengaku islam untuk mengembangkan sitem ini, agar cita-cita rahmatan lil alamin bukan hanya isapan jempol belaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar