Rabu, 13 Juli 2011

Masalah Ekonomi

apabila kita baca buku-buku pelajaran dr sd sampe sma. maka yang akan kita dapatkan adalah ekonomi yang bermasalah pada kebutuhan manusia yang tidak terbatas. jika kita pikirkan sekilah memang benar adanya bahwa kebutuhan manusia memang selalu ada saja alias tidak ada batasnya. apabila kebutuhan yang satu telah terpenuhi maka manusia akan mempunyai kebutuhan lainnya. akhir dari kebutuhan tersebut adalah tidak terpenuhinya kebutuhan tersebut. karena alat pemuas kebutuhan itu sendiri terbatas.


kalau kita jadikan masalah ekonomi adalah kebutuhan manusia yang tidak terbatas berhadapan dengan alat pemuas kebutuhan manusia yang terbatas, maka alasan ini dapat dikatakan alasan yang terjadi karena manusia menuruti hawa nafsunya. seharusnya manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang harus lebih diutamakan adalah kebutuhannya (apa guna barang tersebut kita gunakan). kenapa demikian, karena seperti yang telah disebutkan diatas. bahwa manusia yang menjadikan masalah ekonominya adalah kebuntuan alat pemuas kebutuhan itu sendiri. maka ini terjadi karena manusia tersebut memiliki hawa nafsu untuk memiliki segala sesuatu dan keinginan untuk memiliki tersebut tidak didasarkan terhadap kebutuhan, tetapi didasarkan pada manusia keinginan semata dengan berbagai alasan.

lantas apakah yang menjadi masalah ekonomi kita sekarang?
yang menjadi massalah ekonomi kita adalah pemanfaatan sumber daya manusia dan alam yang optimal sehingga dapat mengutungkan bagi alam dan manusia dan manusia. karena masalah ekonomi ini sangat jelas dan nampak di mata kita. masalah ini hanya dapat kita perbaiki dengan memikirkan bersama dan berkembang bersama. tidak memetingkan diri sendiri. tidak buta matanya karena uang yang ditawarkan. dan masih banyak lagi PR besar lainnya. mungkin ini nampak bertele-tele. inti yang ingin saya paparkan adalah bahwa manusia seharusnya berprilaku sebagai manuisa. tidak serakah.
SEKIAN...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar